Perjalanan Santri Ar-Risalah Summer Camp Di China

Rombongan Santri Ar-Risalah di China (Klik Gambar)

Malam itu Tepatnya pada tanggal 25 Juni 2013, Sebagian keluarga besar PPST Ar-Risalah bergegas berangkat menuju negara tirai bambu. Mereka adalah 41 santri putra, 17 santri putri beserta Ibu Nyai Hj.Aina Ainaul MA, Bapak Miftakhul Anbiya,Selaku kepala pondok, dan Bapak M.Saifulloh kepala sekolah SMA Ar-Risalah. Keluarga besar PPST Ar-Risalah pergi menuju bandara  Juanda.

Pada pukul 08:00 WIB, Pesawat Rombongan Ar-Risalah terbang menuju hongkong guna untuk transit dan kembali terbang menuju Shanghai. Dari shanghai mereka menuju kota Hangzhou ibu kota provinsi Zhe Jiang dimana mereka melakukan kegiatan Summer Camp Sister School dan tempat mereka tinggal.

Di Zhe Jiang, Santri Ar-risalah tinggal di komplek Zhejiang University of Technology. Mereka pun didampingi oleh pendamping asli indonesia ia bernama Mr.Andre. Beliau lah yang membimbing para santri untuk mengenalkan budaya china sampai pulang. Di Zhejiang University of Technology, Para santri belajar berbahasa mandarin dan kebudayaan china. Mereka diajari oleh Laoshi yang sangat profesional dalam mengajar. Para santri belajar selama 12 hari, keseharian mereka penuh dengan kegembiraan karena laoshi yang profesional dan fasilitas yang memenuhi. Sistem pembelajaran disana menggunakan bahasa mandarin dan bantuan bahasa inggris ketika ada murid asing yang datang dari berbagai negara. Para santri juga belajar pada pagi dan sore hari, dikala pagi mereka belajar bahasa mandarin, sedangkan sore mereka dikenalkan dengan yang namannya kebudayaan china.

Disela-sela menjalani program Summer Camp, Santri Ar-Risalah juga di beri kesempatan untuk menikmati keindahan negri tirai bambu, Para santri di ajak menuju tempat wisata seperti Hangzhou paradise, Yiwu mall, Pasar hangzhou pearl shanghai tower, Masjid tertua di china, dan lain lain.

Kegiatan terakhir Sister School yaitu Closing Ceremonial. Pada acara penutupan ini Santri Ar-Risalah memperkenalkan budaya-budaya Indonesia yaitu Tari Sajojo Papua dan Tari Saman Banda Aceh. Para mahasiswa dan direktur zhejiang university of technology sangat bahagia sekali ketika malihat dari Penampilan Santri Ar-Risalah saat perpisahan. Tepatnya pada tanggal  6 juli 2013, Tibalah saat perpisahan. Rombongan santri Ar-Risalah harus pulang menuju tanah air indonesia dan bertanda telah selesai lah program summer camp ini.

Bye Bye China. Xie Xie Ta jia!

Leave A Comment