Xia Lao Shi, Women Huanying Ni

 

Selasa, 16 Februari 2016, sejak kepergian Dong Lao Shi santri Ar-Risalah dikejutkan dengan hadirnya seseorang berbaju putih rapi dan tinggi menjulang sedang berjalan mengitari kelas-kelas bersama Bpk. Syaiful. Muncullah desas-desus bahwa ia adalah Lao Shi baru bagi siswa SMA Ar-Risalah.

Ternyata isu yang sempat menyebar di asrama itu pun mencuat. Jumat berikutnya, setelah senam pagi seperti biasa, para santri menuju aula jantung Ar-Risalah. Namun, kali ini Bpk. Syaiful selaku Kepala Sekolah SMA Ar-Risalah yang maju di hadapan para santri dengan seseorang yang kini kerap kita sapa Xia Lao Shi.

Xia Lao Shi’s fact

  • Seorang Muslim dari Kampung Muslim Xinjiang, China
  • Lahir di Xinjiang pada tanggal 2 November 1988.
  • Hobi bermain basket, membaca, dan berlari.
  • Sebelum mengajar di Ar-Risalah, Xia Lao Shi pernah mengajar Bahasa Inggris selama 2 tahun.

Jauh-jauh hijrah dari Negeri Panda, Xia Lao Shi mengutarakan perasaannya ketika pertama kali menginjakkan kakinya di Ar-Risalah, “The first time I came here, I feel very excited. The school is very beautiful and students are very lovely. The people in here are very nice, I love here.” Yang artinya, “Saat pertama kali saya datang kesini, saya merasa sangat senang. Sekolah ini sangat indah dan para siswanya sangat menyenangkan. Orang-orang di sini sangat baik. Saya senang berada di sini.”

Setelah berbincang cukup jauh, Xia Lao Shi berpesan kepada seluruh santri Ar-Risalah, “I know English and Mandarin is not your mother language and maybe Mandarin is much more difficult. But as long as you practice more speak more write more. Mandarin is not a problem anymore. If you have any problem while learning, just let me know.” Yang artinya, “Saya tahu Bahasa Inggris dan Mandarin bukanlah bahasa ibu di sini dan mungkin Bahasa Mandarin itu sangat sulit. Tapi selama kalian lebih banyak berlatih, berbicara, dan menulis, Bahasa Mandarin bukan lagi masalah. Jika Anda mempunyai masalah ketika belajar, maka biarkan saya mengetahuinya.

Semoga dengan kehadiran Xia Lao Shi, Ar-Risalah dapat lebih banyak mengukir prestasinya dan mengirim lebih banyak delegasi untuk Chinese Bridge mendatang.

Leave A Comment