Pendidikan

1. PENDIDIKAN ALQURAN

  Di bawah naungan Lembaga Pendidikan Alquran Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah, waktu pelaksanaan dilakukan pada waktu pagi setelah salat Shubuh (05.00–06.30 WIB). Pendidikan Alquran terdiri dari 3 tingkatan meliputi Ibtidaiyyah, Tsanawiyyah dan Aliyyah. Untuk tingkat Ibtidaiyyah sebagai tingkat pemula dengan materi pelajaran Tilawati dan hafalan Juz ‘Amma, Surat Al-Waqi’ah, Surat-Yasin, Surat Al-Mulk, Surat Assajdah, Surat Ad-Dukhon, Surat Al-Kahfi dan penambahan ilmu Tajwid dan masalah ‘ubudiyyah.

  Untuk tingkatan Tsanawiyah yakni Alquran Binnazhor 30 Juz serta pemahaman bacaan– bacaan ghorib yang ada didalam Alquran. Dan Untuk tingakat Aliyah yakni Tahfidzil Quran serta pendidikan Ulumul Quran. Pendidikan Alquran menggunakan standart Tajwid Rosm ‘Utsmaniy dengan buku pegangan standar pondok pesantren Ar-Risalah. Pengajaran dilakukan dengan sistem sorogan dan tadarusan. Setiap santri secara rutin mengkhatamkan Alquran setiap dua bulan sekali untuk tingkat Binnazhor dan satu bulan sekali untuk tingkat Bil Ghoib. Dan pada setiap hari Senin dan Kamis diadakan pengajaran Pengenalan Fasholatan untuk semua tingkatan. Bagi santri baru yang belum mampu membaca Alquran dikelompokkan dan dikelola dalam kelas I’dadiyah ( persiapan ) dengan materi Tilawati , Juz ‘Amma, Surat Al Mulk, surat Al Waqi’ah dan surat Yazin serta Ilmu Tajwid selanjutnya memasuki jenjang sesuai dengan kemampuannya.

2. PENDIDIKAN DINIYYAH

  Pendidikan agama dengan referensi Kutubussalafiy dikelola di bawah naungan Lembaga Pendidikan Diniyyah. Meliputi tingkat Iibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Pendidikan Diniyah dilakukan pada pukul 14.30-17.30 WIB. Bimbingan belajar Diniyah dilakukan di malam hari pada pukul 18.30-19.30 WIB dengan sistem belajar kelompok yang dipandu oleh sebagian santri yang memiliki kemampuan pemahaman yang baik dengan tetap dalam pantauan seorang Ustadz .Kegiatan belajar menekankan kemampuan siswa untuk belajar dengan aktif dan menjalankan sistem diskusi serta musyawarah. Kurikulum pendidikan menyesuaikan Pondok Pesantren dengan mengikuti standar pondok Lirboyo. Kurikulum pendidikan tersebut meliputi ilmu Tauhid, Hadits, Alquran, Fiqih, Akhlaq, Nahwu Shorof, Balagoh, dan ilmu Mantiq. Kitab yang menjadi pegangan adalah kitab karangan para Ulama Salaf, disertai dengan referensi dari berbagai kitab karangan para intelektual modern. Sebagai media pemahaman Kitab Salafiy, disediakan perpustakan dan pembelajaran komputerisasi kutubussalafiy.

 Untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kitab kuning, dibentuk kelompok kajian kitab kuning yang diselenggarakan setiap malam Jumat yang dikelola oleh lembaga ekstrakurikuler. Santri yang telah mampu membaca dengan baik berusaha memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru pembimbing dan dimusyawarohkan dengan santri-santri yang lain dalam forum kajian kitab kuning. Santri-santri dibina dengan praktik Amaliah Ubudiyah sebagai penguasaan pemahaman kitab kuning dalam kehidupan di masyarakat. Aktivitas santri di bawah penguasaan pengurus pondok selalu dicerminkan pada pembentukan jiwa Akhlakul Karimah. Sebagai wujud kesuksesan pada lembaga Diniyah ini , Pada Tahun 2006, turut menorehkan prestasi yang patut untuk di banggakan, yakni dengan sukses mengantarkan lima delegasi dalam Musabaqoh Qiroatil Kutub tingkat Nasional tahun 2006. Disamping itu, keberhasilan pada MQK Nasional tersebut dapat dijadikan sebuah motivasi pada lembaga Diniyah ini, untuk bisa menjadi lebih baik di tahun yang akan datang. Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah menerapkan kedisiplinan yang ketat dengan memanfaatkan waktu sepenuhnya untuk pembinaan santri, selalu bersahabat dengan ilmu, menekuni dan menjadikannya sesuatu yang dirasa sangat berharga.

3. PENDIDIKAN UMUM

  Dibawah naungan Lembaga Pendidikan Umum Pondok Pesantren untuk semua tingkat Pendidikan Umum tingkat SD,SMP,SMA, kurikulum pendidikan sesuai dengan Dinas Pendidikan Nasional, dengan menambah bahasa arab untuk semua tingkatan, bahasa Jepang untuk tingkat SMP dan bahasa Mandarin untuk tingkat SMA. Pendidikan umum merupakan pengembangan pengetahuan santri dalam penguasaan Ilmu Agama serta menjadi jembatan untuk kesinambungan intelektual mengenal lingkungan hidup serta merupakan lahan implementasi kepribadian yang dijiwai Akhlakul Karimah untuk hidup bersama dengan masyarakat modern.Waktu sekolah umum diselenggarakan pada pagi hari pukul 07.30 hingga pukul 12.15 wib. Dengan pembagian kelas kecil yaitu maksimal 20 siswa, setiap kelas diharapkan para guru mampu mengoptimalkan pengajarannya. Pendidikan umum mulai SD sampai dengan SMA sudah terakreditasi dengan status terakreditasi A untuk tingkat SMP dan tingkat SMA. Sebuah prestasi yang gemilang dan patut disyukuri , pada UNAS tahun Ajaran 2005 – 2006 SMP Ar-Risalah yang baru berdiri ini bisa menyandang nama sebagai SMP terbaik se- Kota Kediri dengan menghantarkan siswa-siswinya lulus 100 % dan mendapatkan nilai rata-rata terbaik se-kota kediri. Seiring dengan kemajuan dan perkembangan yang pesat pada SMP Ar-Risalah, SMA turut ikut melangkah setapak demi setapak untuk mengantarkan siswa dan siswinya untuk bisa menjadi yang terbaik, dan pada tahun 2007 SMA Ar-Risalah mengirimkan salah satu siswanya untuk study ke negara Amerika Serikat selama satu tahun sebagai salah satu program yang diselenggarakan oleh pemerintah Amerika. Pondok Pesantren Ar-Risalah menerapkan kedisiplinan dengan ketat, dengan memanfaatkan waktu sepenuhnya untuk pembinaan santri membawa semua santri selalu bersahabat dengan ilmu menekuni dan menjadikan waktu yang dirasa sangat berharga. Sebagai upaya dalam meningkatakan kualitas pendidikan selalu ditingkatkan dengan mendatangkan guru dari luar negeri, diantaranya pada tahun ajaran 2004-2006 Ar-Risalah mendapatkan guru bantu dari negara Australia sebagai program pengembangan Bahasa Inggris selama dua tahun.

     Dan pada tahun Ajaran 2006 – 2007 merupakan yang kedua kalinya Ar-Risalah mendapatkan guru bantu dari China, sedangkan untuk yang pertama kalinya pada tahun ajaran 2004-2005, disamping upaya peningkatan pada pengembangan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin juga diselenggarakan pengembangan Bahasa Arab sebagai wujudnya yakni diadakan kerja sama dengan Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Sunan Ampel Surabaya. Pondok Pesantren Ar-Risalah selalu memacu dan memotivasi kepada anak didikanya untuk selalu semangat didalam belajar, baik pendidikan agama maupun pendidikan umum, sebagai salah satunya Ar-Risalah telah menjalin kerjasama dengan Departemen Agama berkaitan dengan beasiswa untuk para santri agar dapat melanjutkan jenjang pendidikannya keperguruan tinggi negeri favorit. Tidak cukup sampai disitu, berkaitan dengan beasiswa study keluar negeri, Ar-Risalah pada tahun 2008 ini berusaha untuk dapat membawa anak didiknya belajar ke negeri Arab, khususnya Mesir dan Yaman. Para santri dibina dengan mengembangakan bakat dan minatnya, mengoptimalkan segala potensi diri yang dimiliki untuk mampu bersaing memposisikan diri di tengah masyarakat modern, dengan pendidikan umum ini para santri dibawa pada kemampuan produktif dan aktif sehingga memiliki mental mengembankan diri dan mandiri. Sarana pendidikan dilengkapi dengan Laboratorium Bahasa, Komputer, IPA , IPS, Ruang Multimedia serta Ruang English Center. Disamping pendidikan dikelas para siswa melakukan kegiatan belajar dan mengajar dengan disertai praktik , dimaksudkan agar proses pengajaran tidak hanya didapati di dalam kelas melainkan juga didapatkan dari luar kelas.
Sejak tahun ajaran 2007-2008 sistem pengajaran di SMA Ar-Risalah sudah berbasis TI&K. Guru dan siswa menggunakan media laptop agar mempercepat proses kegiatan belajar mengajar.

4. PENDIDIKAN EKSTRAKURIKULER

  Departemen Apresiasi Dan Kesenian mengelola kegiatan Ekstrakurikuler secara menyeluruh dengan beralokasikan waktu pada malam Jumat dan Jumat pagi. Kegiatan meliputi kelompok Jam’iyyah Barzanji Manaqib, Tahlil, Bahtsul Masail, Kursus Bahasa Arab, Inggris, Mandarin, Jepang, Kaligrafi Arab, Sholawat Rebana, Nasyid, dan Drum Band. Kegiatan asrama dikelola oleh organisasai Pondok Pesantren dan Pengurus Asrama dengan aktifitas kegiatan meliputi : Aktifitas Asrama, Koperasi, Bimbingan Belajar, Jam’iyyah, Pengajian Sistim Bandongan. Kepengurusan Asrama ditangani oleh para santri dibawah pengawasan pengurus pondok sebagai media pelatihan kepemimpinan kepada anak didik.

5. ORGANISASI

   Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) dibawah naungan lembaga pendidikan SMP dan SMA mengelola kegiatan kesenian, Bahasa, dan Jurnalistik. Dengan menerbitkan buletin untuk tingkat SMA dan majalah dinding untuk tingkat SMP. Para santri yang telah berpotensi dalam bidang tertentu, dijadikan pembimbing bagi siswa pemula. Para santri Ar-Risalah banyak mendapatkan sarana pengembangan kemampuan dalam wadah Yayasan Pendidikan Ar-risalah.

Comments are closed.