SMP

PROFIL SMP AR-RISALAH

SMP Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri berdiri tahun ajaran 2000/2001 sebagai tindak lanjut atas kelulusan pertama SD Ar-Risalah, dimana dipandang perlu untuk menyelenggarakan pendidikan tingkat SMP sebagai wadah lulusan SD Ar-Risalah, SMP Ar-Risalah berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Ar-Risalah Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah yang berlokasi dikomplek Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Pendirian SMP Ar-Risalah ini ditindak lanjuti dengan keluarnya Surat Keputusan tentang Ijin Penyelenggaraan Sekolah Swasta dari Drs. H. Rasiyo, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi No. 421.3/1416/108/2002 tertanggal 3 September 2007, tercatat pada waktu itu bahwa siswa angkatan pertama kelas I SMP Ar-Risalah berjumlah 39 siswa putra dan putri dan terus bertambah pada tahun-tahun selanjutnya.
Sebagai bentuk program peningkatan kualitas pendidikan tiap satu lokal kelas hanya di isi maksimal 20 0rang siswa, maka diharapkan proses belajar mengajar serta transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa dapat berjalan dengan maksimal sehingga akan tercipta kualitas pendidikan yang unggul. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Ujian Nasional dalam 4 (empat) tahun terakhir dimana SMP Ar-Risalah dapat meluluskan semuanya siswanya (lulus 100%) bahkan berhasil menorehkan prestasi sebagai Sekolah dengan nilai rata-rata Ujian Nasional tertinggi se-Kota Kediri pada tahun ajaran 2004/2005 dan 2005/2006.
Pada tahun ajaran 2006/2007 nilai rata-rata UAN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 8,90 dengan nilai tertinggi 9,60, Bahasa Inggris nilai rata-rata 8,80 dengan nilai tertinggi 9,60, Matematika nilai rata-rata 9,60 dengan nilai tertinggi 10,00. Dan pada bulan September 2007 ini salah satu siswa SMP Ar-Risalah yaitu Indra Dwi Wicaksono juga berhasil mencatat prestasi yaitu berhasil mewakili propinsi Jawa Timur menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional ke VI yang di selenggarakan di Surabaya tanggal 2 – 8 September 2007. Pada tahun ajaran 2005/2006 SMP Ar-Risalah memperoleh status akreditasi A dengan nomor SK No.02/BASKOT/HK/I/2006 tertanggal 23 Januari 2006 dengan nilai 98,43 yang merupakan nilai akreditasi tertinggi di Kota Kediri. Pada tahun ajaran 2007/2008 ini jumlah siswa SMP Ar-Risalah 136 siswa yang terbagi menjadi 8 kelas dengan jumlah tenaga pengajar 26 orang.Selain kurikulum mengikuti kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, SMP Ar-Risalah juga memasukkan beberapa mata pelajaran tambahan sebagai program unggulan yaitu Bahasa Jepang dan Bahasa Arab, dengan tujuan agar outputnya siap mengahadapi era globalisasi yang mana tuntunan berbahasa asing mutlak diperlukan.

 

Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

1. Visi

  • Terbentuknya kepribadian luhur, jujur, disiplin dan berakhlak mulia serta unggul dalam ilmu pengetahuan modern dan teknologi.

    Indikator Visi

  • Mengedepankan profesionalisme, disiplin dan efisien dalam belajar
  • Unggul dalam pembinaan nilai-nilai keagamaan dan akhlak mulia dalam membentuk pribadi yang luhur dan jujur
  • Beprestasi tinggi sebagai gambaran hasil pembelajaran guru dan siswa
  • Berkualitas dalam pembinaan bahasa asing
  • Mengembangkan pendidikan dengan penerapan teknologi dan praktek lapangan
  • Meningkatkan pembinaan prestasi dan kompetensi siswa serta program peningkatan sumber daya guru
  • Pengembangan pembelajaran yang berbasis teknologi yang inovatif dan penerapan langsung serta pengoptimalan fungsi laboratorium dan perpustakaan

2. Misi

  • Menerapkan sifat profesional dalam belajar dan mengajar serta disiplin sebagai cermin pembangunan karakter bangsa di masa depan
  • Mengembangkan aktifitas keagamaan serta proses pembelajaran yang disertai nilai-nilai kegamaan yang bersifat aplikatif
  • Meningkatkan pembinaan bahasa asing yang terdiri dari bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Jepang serta penggunaannya dalam pembelajaran

3. Tujuan Sekolah

  • Siswa dapat memiliki kedisiplinan dalam segala hal, berkepribadian dan berkarakter kuat.      Guru dapat menjadi contoh bagi siswa dalam hal profesionalisme dan kedisiplinan.
  • Siswa memiliki akhlak yang terpuji serta mendalami dan senantiasa mempraktekkan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan sehari-hari.
  • Peningkatan Nilai Ujian Nasional (NUN), dari segi rata-rata maupun perorangan.Meraih berbagai prestasi akademis dan non akademis mulai tingkat kota sampai internasional.
  • Semua guru mempunyai sumber daya yang unggul dan mampu mengapliksikan teknologi modern dalam pembelajaran.
  • Guru dan siswa mampu berbahasa asing dan dipraktekkan sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran.
  • Siswa mampu mengoperasikan komputer beserta semua programnya dan menerapkannnya dalam keorganisasian, pembuatan majalah dinding dan pembelajaran.
    Guru mampu menggunakan software pembelajaran dan pembelajaran TIK.
  • Siswa mampu mempraktekkan sains dan teknologi secara langsung dilapangan.
  • Komputerisasi perpustakaan

Comments are closed.